Beasiswa Pendidikan Indonesia Dibuka Sampai 30 Juni, Segera Daftar

Duljani

Sekolah.web.id Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah membuka pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) untuk mahasiswa D4/S1, S2, dan S3 sejak tanggal 2 Mei 2024.

Untuk program beasiswa luar negeri, pendaftaran telah ditutup pada 31 Mei 2024. Namun, pendaftaran untuk program beasiswa dalam negeri masih dibuka hingga 30 Juni 2024. Kemendikbudristek memastikan akan segera mengumumkan hasil seleksi.

Kerja Sama dengan LPDP

Melansir dari laman resmi beasiswa Kemendikbud, beasiswa ini merupakan hasil kerja sama antara Kemendikbudristek dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan.

Syarat dan Ketentuan

Calon pendaftar diwajibkan untuk mendapatkan LoA (Letter of Acceptance) atau surat diterima di Perguruan Tinggi tujuan studi terlebih dahulu. Khusus bagi penyandang disabilitas, mereka harus melampirkan surat keterangan dari rumah sakit atau dokter.

Komponen Pembiayaan

Komponen pembiayaan beasiswa ini mencakup dana pendidikan seperti SPP, biaya pendaftaran, tunjangan buku, penelitian tesis atau disertasi, seminar internasional, dan publikasi jurnal internasional.

Selain itu, terdapat biaya pendukung seperti dana transportasi, aplikasi visa, asuransi kesehatan, dana kedatangan, biaya hidup bulanan, dana keadaan darurat, dan tunjangan keluarga.

Program Beasiswa Dalam Negeri

Program beasiswa dalam negeri ditujukan untuk berbagai bidang, termasuk:

  • Beasiswa D4/S1 untuk calon guru SMK, pelaku budaya, beasiswa Indonesia Maju (BIM), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), serta Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK).
  • Beasiswa S2 ditujukan bagi calon dosen perguruan tinggi akademik, calon dosen perguruan tinggi vokasi, pendidik dan tenaga kependidikan, serta pelaku budaya.
  • Beasiswa S3 ditujukan bagi dosen perguruan tinggi akademik, dosen perguruan tinggi vokasi, joint degree/dual degree perguruan tinggi akademik, dan pelaku budaya.

Cara Mendaftar

Pendaftaran dilakukan melalui laman www.beasiswa.kemdikbud.go.id. Bagi yang belum memiliki akun, dapat mengklik menu daftar dan mengisi formulir pendaftaran, lalu cek email untuk aktivasi akun.

Setelah itu, peserta bisa kembali ke laman beasiswa Kemendikbud untuk login dan melengkapi formulir registrasi beasiswa.

Pastikan data yang diunggah sesuai dengan ukuran file maksimal 2 MB. Jika sudah dicek, submit data dan cetak kartu peserta. Hasil seleksi akan diumumkan di laman tersebut.

Leave a Comment

Ads - Before Footer