Contoh Soal Bahasa Indonesia untuk SMA Kelas 10 Semester Ganjil, Lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasannya

Daim

Sekolah.web.id – Berikut ini merupakan contoh soal Bahasa Indonesia untuk SMA kelas 10 Semester ganjil lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya.

1. Membaca Pemahaman: Menyimpulkan Isi Teks

Teks berikut ini: Di sebuah desa yang terletak di kaki gunung, hidup sebuah keluarga petani. Mereka mengolah tanah pertanian yang subur, namun hasil panen mereka tidak selalu melimpah karena cuaca yang tidak menentu.

Apa kesimpulan yang tepat dari teks tersebut?

  • A. Keluarga petani sangat sukses dalam bertani.
  • B. Cuaca yang tidak menentu mempengaruhi hasil panen keluarga petani.
  • C. Desa yang terletak di kaki gunung memiliki cuaca yang baik.
  • D. Keluarga petani memiliki banyak tanah pertanian.

Jawaban: B
Pembahasan: Teks tersebut menyebutkan bahwa hasil panen tidak selalu melimpah karena cuaca yang tidak menentu, sehingga kesimpulannya adalah cuaca mempengaruhi hasil panen.


2. Menentukan Unsur Intrinsik Cerita

Bacalah kutipan cerita berikut: Rudi sangat kecewa karena tidak bisa ikut berlibur bersama teman-temannya. Ia merasa hidupnya penuh dengan kegagalan.

Apa tema dari cerita tersebut?

  • A. Kecewa karena kegagalan.
  • B. Rudi yang ceria.
  • C. Liburan yang menyenangkan.
  • D. Kegagalan yang menyedihkan.

Jawaban: A
Pembahasan: Tema dari cerita ini adalah perasaan kecewa karena kegagalan yang dialami oleh tokoh, yaitu Rudi.


3. Menyusun Kalimat yang Benar

Dari pilihan berikut, manakah kalimat yang benar?

  • A. Banyak pelajar yang mengikuti lomba baca puisi yang diselenggarakan oleh perpustakaan.
  • B. Banyak pelajar yang mengikuti lomba baca puisi yang diselenggarakan perpustakaan.
  • C. Banyak pelajar yang mengikuti lomba baca puisi diselenggarakan oleh perpustakaan.
  • D. Banyak pelajar yang mengikuti lomba baca puisi yang diselenggarakan oleh perpustakaan besar.

Jawaban: A
Pembahasan: Kalimat yang benar adalah yang menggunakan “yang diselenggarakan oleh” untuk menunjukkan keterangan tindakan yang dilakukan oleh subjek (perpustakaan).


4. Menentukan Makna Kata

Kata “suram” pada kalimat berikut:
Suasana di kantor itu terasa suram setelah mendengar kabar buruk.
Memiliki makna…

  • A. Gelap
  • B. Menyakitkan
  • C. Tidak ceria
  • D. Terang

Jawaban: C
Pembahasan: Dalam konteks ini, “suram” menggambarkan suasana yang tidak ceria atau tidak menyenangkan setelah kabar buruk diterima.


5. Mengidentifikasi Kalimat Utama

Bacalah paragraf berikut: Pada zaman dahulu, ada sebuah kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja yang bijaksana. Raja tersebut selalu memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Setiap keputusan yang diambilnya selalu berdasarkan pemikiran matang. Kalimat utama dalam paragraf tersebut adalah…

  • A. Pada zaman dahulu, ada sebuah kerajaan.
  • B. Raja tersebut selalu memperhatikan kesejahteraan rakyatnya.
  • C. Setiap keputusan yang diambilnya selalu berdasarkan pemikiran matang.
  • D. Semua kalimat tersebut.

Jawaban: A
Pembahasan: Kalimat utama adalah yang memperkenalkan inti dari cerita, yaitu adanya sebuah kerajaan pada zaman dahulu.


6. Mengidentifikasi Jenis Teks

Bacalah potongan teks berikut: Dulu, aku sering berlarian di halaman rumah. Aku sangat menyukai bermain dengan teman-temanku di sana. Halaman itu sangat luas dan dipenuhi bunga-bunga yang cantik. Teks tersebut termasuk jenis…

  • A. Narasi
  • B. Deskripsi
  • C. Eksposisi
  • D. Argumentasi

Jawaban: B
Pembahasan: Teks tersebut menggambarkan suasana atau keadaan tempat secara rinci, yang merupakan ciri dari teks deskripsi.


7. Menyusun Paragraf yang Logis

Susunlah kalimat-kalimat berikut menjadi sebuah paragraf yang logis:

    1. Setelah itu, mereka mulai menyusun rencana kegiatan untuk sekolah.
    1. Pada suatu pagi yang cerah, para siswa berkumpul di aula.
    1. Mereka pun sepakat untuk mengadakan acara sosial yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar.
    1. Semua siswa dengan antusias mengikuti rapat tersebut.

Jawaban: 2, 1, 4, 3
Pembahasan: Urutan yang tepat untuk membentuk paragraf yang logis adalah dimulai dengan situasi, lalu tindakan, dan akhirnya kesepakatan.


8. Memahami Kalimat Efektif

Pilihan kalimat yang efektif adalah…

  • A. Pada saat itu juga, saya pergi ke pasar untuk membeli beberapa bahan makanan yang sangat dibutuhkan.
  • B. Saya pergi ke pasar untuk membeli bahan makanan yang dibutuhkan pada saat itu.
  • C. Saya membeli bahan makanan yang sangat dibutuhkan ke pasar pada saat itu juga.
  • D. Pada saat itu, saya membeli beberapa bahan makanan yang sangat dibutuhkan pasar.

Jawaban: B
Pembahasan: Kalimat B lebih ringkas dan efektif dalam penyampaian informasi tanpa pengulangan yang tidak perlu.


9. Mengidentifikasi Kalimat Kompleks

Manakah kalimat berikut yang termasuk kalimat kompleks?

  • A. Dia pergi ke pasar karena ingin membeli beberapa barang.
  • B. Dia pergi ke pasar, dan dia membeli beberapa barang.
  • C. Dia pergi ke pasar membeli barang-barang.
  • D. Dia pergi ke pasar setelah makan.

Jawaban: A
Pembahasan: Kalimat kompleks terdiri dari dua klausa atau lebih yang saling terhubung dengan kata penghubung (karena).


10. Memahami Istilah dalam Teks

Kata “kooperatif” dalam kalimat berikut: Dalam rapat tersebut, anggota tim bekerja dengan sikap kooperatif.
Memiliki makna…

  • A. Bekerja keras
  • B. Menunjukkan sikap saling membantu
  • C. Tidak peduli
  • D. Tidak mau bekerjasama

Jawaban: B
Pembahasan: “Kooperatif” berarti bekerja sama atau saling membantu.


11. Menyusun Kata menjadi Kalimat yang Tepat

Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat yang benar:

  • dia / pergi / sekolah / pagi / ke / setiap

Jawaban: Dia pergi ke sekolah setiap pagi.
Pembahasan: Urutan kata yang benar adalah subjek (Dia) + predikat (pergi) + objek (ke sekolah) + keterangan (setiap pagi).


12. Menentukan Struktur Teks

Teks berikut ini: Pendidikan karakter sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pendidikan karakter, kita dapat belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Selain itu, pendidikan karakter juga membantu kita untuk berinteraksi dengan orang lain dengan baik. Teks tersebut termasuk dalam struktur…

  • A. Pembukaan, Isi, Penutupan
  • B. Thesis, Argumen, Penegasan ulang
  • C. Pengenalan, Pembahasan, Kesimpulan
  • D. Persuasi, Argumentasi, Penyimpulan

Jawaban: B
Pembahasan: Teks ini berfungsi untuk memberikan argumen tentang pentingnya pendidikan karakter, dengan penegasan di akhir.


13. Menentukan Makna Kata dalam Konteks

Kata “terpukul” pada kalimat berikut:
Berita tentang kematian sahabatnya membuatnya terpukul.
Memiliki makna…

  • A. Mengalami pukulan fisik
  • B. Merasa sangat sedih atau kecewa
  • C. Mengalami kecelakaan
  • D. Tertabrak sesuatu

Jawaban: B
Pembahasan: “Terpukul” dalam konteks ini berarti merasakan kesedihan atau kekecewaan yang mendalam.


14. Menentukan Teks yang Sesuai dengan Tujuan Komunikasi

Manakah dari teks berikut yang bertujuan untuk memberikan informasi?

  • A. Artikel tentang manfaat olahraga pagi.
  • B. Cerita tentang pengalaman hidup seorang tokoh.
  • C. Esai yang berisi pendapat penulis tentang pendidikan.
  • D. Puisi tentang keindahan alam.

Jawaban: A
Pembahasan: Artikel tentang manfaat olahraga pagi bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca.


15. Menentukan Penggunaan Kata Baku

Manakah kalimat yang menggunakan kata baku dengan tepat?

  • A. Pekerjaan itu bisa diselesaikan secara cepat.
  • B. Para mahasiswa sangat antusias mengikuti kuliah ini.
  • C. Kegiatan itu seharusnya dilaksanakan dengan tepat waktu.
  • D. Mereka berkumpul di kantor pada pagi hari.

Jawaban: B
Pembahasan: Kata “antusias” adalah kata baku yang tepat digunakan dalam kalimat ini.


16. Menyusun Paragraf Berdasarkan Ide Utama

Bacalah kalimat-kalimat berikut:

    1. Tugas yang diberikan oleh guru memang tidak mudah.
    1. Namun, dengan tekad yang kuat, saya yakin dapat menyelesaikannya.
    1. Setiap pelajar pasti pernah merasakan kesulitan dalam menyelesaikan tugas.
    1. Tugas itu membutuhkan waktu dan usaha yang ekstra.

Susunlah kalimat-kalimat tersebut menjadi paragraf yang logis.

Jawaban: 3, 1, 4, 2
Pembahasan: Kalimat dimulai dengan pernyataan umum (kesulitan tugas), diikuti penjelasan dan solusi.


17. Menyimpulkan Pesan Teks

Bacalah kutipan teks berikut: Hidup itu penuh tantangan. Tidak ada yang mudah, tapi dengan semangat dan kerja keras, kita bisa menghadapi semua tantangan tersebut dan mencapai tujuan kita. Pesan utama dari teks tersebut adalah…

  • A. Tantangan hidup sangat sulit.
  • B. Kerja keras adalah kunci menghadapi tantangan.
  • C. Semua orang pasti mencapai tujuannya.
  • D. Hidup itu sulit dan penuh masalah.

Jawaban: B
Pembahasan: Teks menekankan pentingnya semangat dan kerja keras untuk menghadapi tantangan dalam hidup.


18. Menentukan Kalimat yang Tepat

Kalimat yang sesuai dengan ejaan yang benar adalah…

  • A. Keinginan nya untuk berlibur sangat kuat.
  • B. Kemudian, saya pun segera pergi ke sana.
  • C. Saya ingin ikut acara tersebut namun saya sedang sibuk.
  • D. Anak itu berlari sangat cepat sekali.

Jawaban: B
Pembahasan: Kalimat B menggunakan ejaan yang tepat dan struktur yang benar.


19. Mengidentifikasi Sinonim

Kata “cepat” dalam kalimat berikut: Dia berlari sangat cepat menuju rumah sakit.
Sinonim yang tepat untuk kata “cepat” adalah…

  • A. Pelan
  • B. Lambar
  • C. Gancang
  • D. Gesit

Jawaban: D
Pembahasan: “Gesit” adalah sinonim yang tepat untuk kata “cepat” dalam konteks ini.


20. Menentukan Fungsi Kalimat

Kalimat berikut:
Melalui pendidikan yang baik, kita bisa mencapai cita-cita yang diinginkan.
Fungsi kalimat tersebut adalah…

  • A. Menyatakan tujuan
  • B. Menyatakan alasan
  • C. Menyatakan perintah
  • D. Menyatakan harapan

Jawaban: A
Pembahasan: Kalimat ini menyatakan tujuan dari pendidikan yang baik.

Leave a Comment