Sekolah Kedinasan yang Menerima Lulusan SMK

Satrio

Sekolah.web.id Pendaftaran sekolah kedinasan resmi dibuka mulai 15 Mei 2024 hingga 13 Juni 2024. Kesempatan ini terbuka bagi lulusan SMA/MA dan juga lulusan SMK.

Sekolah kedinasan menawarkan sejumlah keuntungan, seperti pendidikan gratis, asrama, hingga kesempatan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) setelah lulus.

Berikut ini adalah beberapa sekolah kedinasan yang menerima pendaftar dari lulusan SMK:

1. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) yang berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN) menerima pendaftar lulusan SMA/SMK/MA. Calon pendaftar harus memenuhi persyaratan nilai rata-rata rapor semester 1-5 minimal 75 untuk lulusan tahun 2024 dan nilai rata-rata ijazah minimal 80 untuk lulusan tahun 2022 dan 2023.

2. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)

Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) yang dikelola oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga menerima pendaftar dari lulusan SMK semua jurusan. Syarat pendaftaran termasuk telah lulus, memiliki ijazah, belum menikah, dan tidak sedang menjalani ikatan dinas.

3. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) di bawah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menerima lulusan SMA/MA/SMK dengan beberapa jurusan tertentu yang bisa mendaftar, yaitu:

  • Teknik Audio Video
  • Teknik Elektronika Industri
  • Teknik Robotik
  • Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi
  • Rekayasa Perangkat Lunak
  • Teknik Komputer dan Jaringan
  • Sistem Informasi, Jaringan, dan Aplikasi

4. Politeknik Statistika STIS

Politeknik Statistika STIS merupakan pilihan ideal bagi yang tertarik pada angka, data, atau statistika. Lulusan SMA/MA/SMK/MAK dapat mendaftar dengan syarat khusus bagi lulusan SMK/MAK, yaitu jurusan yang berhubungan dengan teknologi informasi. Pendaftar juga harus memenuhi syarat seperti tinggi badan minimal dan nilai rapor minimal.

5. Politeknik Imigrasi (Poltekim)

Politeknik Imigrasi (Poltekim) terbuka bagi lulusan SMA/MA/SMK/sederajat. Poltekim adalah pilihan tepat bagi yang ingin berkarier di bidang imigrasi. Setelah lulus, taruna Poltekim bisa langsung menjadi CPNS.

6. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip)

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) di bawah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) juga menerima pendaftar lulusan SMA atau SMK. Lulusan Poltekip memiliki prospek karir yang menjanjikan di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan atau lembaga pemasyarakatan.

7. Sekolah Kedinasan Kemenhub

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menawarkan 22 sekolah kedinasan bagi lulusan SMA/SMK/MA/MAK. Daftar sekolah kedinasan ini dapat dilihat di laman https://sipencatar.dephub.go.id/.

Kesempatan ini memberikan peluang besar bagi lulusan SMK untuk mengembangkan karir di berbagai bidang. Sudahkah Anda menentukan pilihan?

Leave a Comment

Ads - Before Footer