Zara, Anak Ridwan Kamil Kuliah Dimana? Ini Profilnya

Duljani

Sekolah.web.id Camillia Laetitia Azzahra, yang lebih dikenal sebagai Zara, adalah putri kedua dari Ridwan Kamil, mantan Gubernur Jawa Barat dan tokoh politik Indonesia. Lahir pada 17 Agustus 2004, Zara dikenal publik sebagai anak yang cerdas dan memiliki bakat dalam berbagai bidang.

Ia memiliki seorang kakak, Emmeril Kahn Mumtadz (almarhum), dan seorang adik angkat bernama Arkana Aidan Misbach. Sejak kecil, Zara telah menunjukkan minat yang besar terhadap dunia akademik dan seni.

Riwayat Pendidikan

Zara menyelesaikan pendidikan sekolah menengah pertamanya di Sekolah Menengah Pertama Darul Hikam pada tahun 2019. Selama masa SMP, Zara dikenal sebagai siswa yang berprestasi dan aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler.

Setelah lulus SMP, Zara melanjutkan pendidikan ke Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Di ITB, Zara memilih jurusan Arsitektur, sebuah bidang yang sangat diminati oleh ayahnya yang juga berlatar belakang arsitektur.

Namun, setelah satu tahun menempuh pendidikan di ITB, Zara memutuskan untuk melanjutkan studinya ke Newcastle University di Inggris. Keputusan ini didasari oleh keinginannya untuk mengejar impian kuliah di luar negeri dan mendapatkan pengalaman baru yang lebih luas.

Di Newcastle University, Zara tetap melanjutkan studi di jurusan Arsitektur, di mana ia dapat mengembangkan bakat dan minatnya dalam bidang desain dan konstruksi.

Perkembangan Terbaru

Baru-baru ini, Zara membuat keputusan penting dalam hidupnya yang menjadi sorotan publik. Ia memutuskan untuk melepas hijabnya, sebuah keputusan yang diambil setelah melalui pertimbangan dan diskusi panjang dengan keluarganya.

Melalui akun media sosial Instagramnya, Zara menyampaikan bahwa keputusan ini adalah bagian dari pencarian keyakinan diri. Ia ingin menjalani proses pencarian ini dengan caranya sendiri tanpa tekanan dari lingkungan sekitar.

“Hai semuanya, setelah banyak pertimbangan dan diskusi yang sangat amat panjang dengan keluarga aku, aku memutuskan untuk melepas kerudungku,” tulis Zara di Instagram.

“Jikapun aku berkerudung lagi, itu harus datang dari pencarian keyakinan oleh diriku sendiri, bukan oleh permintaan lingkungan atau orang lain, ijinkan aku memulai perjalanan pencarian ini dengan caraku sendiri.”

Keputusan ini tentunya menjadi perbincangan publik, mengingat Zara adalah putri dari seorang tokoh politik yang cukup terkenal. Namun, dukungan dari keluarga dan pengertian dari masyarakat sekitar menjadi faktor penting bagi Zara untuk menjalani proses pencarian keyakinan ini dengan tenang.

Aktivitas di Luar Akademik

Selain fokus pada pendidikan, Zara juga aktif dalam berbagai kegiatan di luar akademik. Ia sering terlibat dalam kegiatan sosial dan komunitas, baik di Indonesia maupun di Inggris. Zara juga memiliki minat dalam dunia seni, terutama seni lukis dan desain. Bakatnya dalam seni terlihat dari beberapa karya yang sering ia bagikan di media sosial.

Di Newcastle University, Zara juga terlibat dalam organisasi mahasiswa internasional, di mana ia dapat bertemu dan berinteraksi dengan mahasiswa dari berbagai negara. Hal ini tidak hanya memperkaya pengalaman akademiknya, tetapi juga membuka wawasan dan pemahamannya tentang budaya dan perspektif yang berbeda.

Sebagai seorang mahasiswa dan anak dari tokoh publik, Zara memiliki harapan dan cita-cita besar untuk masa depannya. Ia bercita-cita untuk menjadi arsitek yang handal dan dapat memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan berkelanjutan.

Zara juga berharap dapat menginspirasi generasi muda untuk terus mengejar impian mereka, apapun tantangan yang dihadapi.

Dengan semangat dan dedikasi yang tinggi, Zara terus berusaha untuk mencapai tujuannya. Dukungan dari keluarga dan teman-teman menjadi motivasi tambahan bagi Zara untuk terus maju dan meraih kesuksesan di masa depan.

Sebagai putri dari Ridwan Kamil, Zara diharapkan dapat melanjutkan legacy keluarganya dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan negara.

Leave a Comment

Ads - Before Footer